5 Jenis Investasi yang Aman dan Cocok untuk Pemula

Selain karena gaya hidup anak muda yang semakin sadar tentang pentingnya mempelajari finansial, jaman sekarang juga semakin banyak orang yang mulai membiasakan diri berinvestasi untuk masa depan. Karena kebiasaan di bidang keuangan ini tergolong penting, akan lebih mudah dilakukan jika dilatih sedini mungkin.

Umumnya orang-orang melakukan investasi untuk tujuan masa depan, seperti biaya pendidikan, jaminan kesehatan, membeli properti hingga persiapan pensiun dini. Semua itu juga bisa kita capai jika melakukan investasi secara tepat, dan memiliki tujuan yang jelas.

Buat Teman-teman pemula yang baru mulai berinvestasi, maka kalian sampai pada artikel yang tepat. Kami akan membagikan informasi mengenai tips berinvestasi dengan aman dan apa saja jenis investasi yang cocok untuk kalian sebagai pemula.

Tips Aman Berinvestasi

Tips Investasi yang Aman

Gimana? Apakah Teman-teman sedang tertarik mendalami dunia investasi? Kalau iya, maka kalian bisa mengikuti beberapa tips berinvestasi yang aman untuk pemula, supaya terhindari dari fomo dan terjebak investasi bodong.

1. Pahami Tujuan Investasi

Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda. Seperti yang kubahas sebelumnya, kebanyakan orang mengambil langkah ini untuk mempersiapkan masa depan mereka.

Aku ambil salah satu contoh, misalnya Teman-teman yang sudah bekerja dan ingin membeli rumah. Maka kalian boleh menetapkan tujuan investasi untuk membeli rumah. Dengan begitu, kalian bisa mencari instrumen investasi apa yang cocok dengan tujuan tersebut.

2. Jangan Mudah Tergiur

Tingginya antusias terhadap tren ini membuat potensi scam (penipuan) pun meningkat. Contohnya dengan menawarkan keuntungan yang sangat besar, sehingga kita mungkin tertarik dan tanpa ragu menghabiskan banyak uang demi mencapai janji-janji tersebut.

Oleh karena itu, Teman-teman harus selalu memastikan untuk berinvestasi pada instrumen yang tepat. Selain itu, kalian juga harus memastikan bahwa platform penyedianya telah memiliki izin serta sudah diawasi langsung oleh OJK.

Jangan mudah tergiur dengan return atau hasil yang mereka tawarkan tanpa mencari tahu latar belakangan dari instrumen atau platform penyedianya!

3. Konsisten

Investasi merupakan aktivitas yang perlu dilatih, dan memerlukan konsistensi tingkat tinggi. Karena Teman-teman tidak bisa mengharapkan keuntungan besar dari sekali investasi dengan modal sangat minim. Lho emang kenapa?

Sama seperti menabung, investasi juga harus kita lakukan secara rutin. Kita bisa menyesuaikan dengan kesanggupan kita. Misalnya, setiap bulannya kita sanggup menyisihkan Rp. 500.000 untuk investasi. Maka, lakukan itu dengan konsisten!

Terus, apa saja sih jenis investasi yang aman bagi para pemula, Yun?

5 Jenis Investasi Aman untuk Pemula

Teman-teman tidak perlu bingung memilih mana instrumen investasi yang sebaiknya kita pilih. Kami akan memberikan rekomendasi jenis-jenis investasi untuk pemula yang bisa kalian coba, antara lain:

1. Reksadana

Investasi reksadana adalah jenis investasi yang banyak direkomendasikan dan dilakukan anak muda. Selain mudah untuk kita pahami, reksadana juga memberikan keuntungan yang tinggi, serta pengalaman memiliki sebagian aset perusahaan-perusahaan besar di berbagai industri.

2. Saham

Saat kemampuan kalian sudah berkembang, dan memerlukan investasi jangka panjang, maka saham bisa jadi pilihan terbaik. Apalagi jika Teman-teman memiliki uang dingin dalam jumlah besar, dan memang ditujukan untuk berinvestasi. Maka kalian bisa mendapatkan return yang lebih tinggi.

3. Obligasi

Obligasi merupakan investasi dalam bentuk surat utang negara yang bisa memberikan pendapatan tetap. Investasi jenis ini juga disebut lebih aman daripada saham. Selain dijadikan sebagai diversifikasi portofolio, kita juga bisa turut serta membantu perekonomian Negara lho.

Yakin? Kalian tidak mau ikutan investasi di obligasi?

4. Emas

Jenis investasi yang aman untuk pemula

Jika Teman-teman mencari alternatif investasi yang aman dan cocok untuk pemula selain reksadana, maka jawabannya adalah emas. Investasi emas memiliki harga yang cenderung stabil di pasaran. Selain itu, investasi ini juga menjanjikan likuiditas tinggi, sehingga mudah untuk kita jual atau beli kembali.

5. Microfinance Marketplace

Selain obligasi, kalian juga bisa membantu negara dengan turut memajukan UMKM Indonesia. Caranya dengan berinvestasi di microfinance marketplace dari Amartha. Layanan keuangan untuk masyarakat akar rumput hasil kembangan Andi Taufan Garuda Putra selaku CEO Amartha.

Tak hanya memberikan kontribusi nyata untuk para pelaku UMKM, kita juga bisa mendapatkan penghasilan mingguan sebagai imbal hasil. Jumlahnya bisa mencapai 15% tiap tahun.

Bahkan Teman-teman yang masih pelajar atau mahasiswa pun bisa turut andil, karena dengan minimal investasi Rp100 ribu, kalian sudah membantu banyak UMKM di Indonesia yang sedang berusaha mengembangkan usahanya.

Tak perlu khawatir soal risiko investasi yang mungkin saja terjadi, karena Amartha sudah dilengkapi berbagai teknologi canggih yang memastikan investasi aman, dengan risiko yang sangat minim.

So, tunggu apa lagi? Yuk segera mulai investasi kalian! Jangan tunda lagi ya! Biar tujuan keuangan kalian bisa segera tercapai dengan jenis investasi aman pilihan kalian!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro