Apa itu Pelembab Wajah, Manfaat dan Cara Penggunaannya

Katanya perawatan wajah tuh ribet, khususnya skincare ala eonni-eonni Korea. Padahal, tidak seribet itulah. Kita boleh kok cuma pakai basic skincare, di antaranya facial wash, pelembab wajah dan sunscreen. Apa itu pelembab wajah?

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai seluk beluk pelembab wajah, mulai dari pengertian, manfaat dan cara penggunaannya yang benar.

Iya, aku tahu. Kalau Teman-teman mungkin sudah tidak asing sama skincare ini. Mungkin kalian juga sudah berteman akrab sama satu produk untuk waktu yang lama.

Tapi, siapa tahu saja ada yang membutuhkan informasi ini. Karena tidak sedikit lho yang cara penggunaan pelembab wajahnya kurang tepat.

Akibatnya, tidak bisa merasakan manfaatnya secara optimal. Lalu menyalahkan produknya. Katanya produknya kurang baguslah. Inilah. Itulah.

Jadi, mari kita cari tahu semua tentang pelembab wajah yang rutin kita pakai dalam rangkaian skincare harian! Simak artikel ini hingga akhir ya!

Apa Itu Pelembab Wajah?

apa itu pelembab wajah

Pelembab wajah adalah produk skincare yang fungsinya untuk menghidrasi atau menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari berbagai faktor lingkungan yang bisa menyebabkan kerusakan.

Biasanya, produk skincare ini mengandung bahan seperti air, minyak dan humektan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut.

Aku teringat keluhan adikku beberapa waktu yang lalu. Dia mengeluhkan kulit wajahnya yang kering. Manalah dia tuh sering main voli. Berteman debu dan panas pula.

Makanya, kusarankan dia untuk menggunakan pelembab wajah secara teratur. Plus sunscreen biar kulit wajahnya tetap terlindungi dari debu dan sinar UV yang nantinya akan merusak kulit.

Awalnya, dia agak rewel dan bilang tidak mau menggunakannya. Tapi, dia juga cerewet banget saat merasakan kulitnya kering. Jadi, aku sekalian kasih penjelasan soal manfaat pelembab wajah padanya. Gimana penjelasannya?

Manfaat Pelembab Wajah

Ada beberapa manfaat penggunaan pelembab wajah bila kita menggunakannya secara teratur, di antaranya:

1. Menghidrasi Kulit

Manfaat utama pelembab wajah adalah menghidrasi kulit. Biar tidak kering dan pecah-pecah, khususnya saat kondisi cuaca ekstrem.

Bagaimana caranya menghidrasi kulit?

Ada beberapa cara dalam usaha para produsen skincare untuk merancang produk pelembab wajah, yaitu:

  • Dengan kandungan humektan yaitu bahan yang mampu menarik kandungan air dari lingkungan dan lapisan kulit yang lebih dalam ke permukaan kulit. Bahan ini mampu menahan kelembaban di lapisan kulit terluar.
  • Emolien yaitu bahan yang mengisi celah-celah antara sel-sel kulit dengan lipid, semacam pelindung untuk mencegah kehilangan air. Emolien juga membantu untuk membuat permukaan kulit menjadi lebih halus dan lembut.
  • Beberapa pelembab wajah mengandung air untuk memberikan hidrasi secara langsung saat pemakaian.

Mungkin masih ada beberapa cara lainnya. Teman-teman boleh menambahkan informasinya di kolom komentar ya!

2. Mencegah Penuaan Dini

Teman-teman pasti sudah tahu bahwa kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih elastis dan kurang rentan terhadap garis-garis halus dan kerutan.

Pelembab yang mengandung bahan antioksidan, seperti vitamin C, bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, sekarang ini ada banyak pelembab wajah yang juga mengandung SPF. Sehingga, mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang menjadi penyebab utama penuaan dini.

3. Melindungi Kulit

Saat ini, lingkungan di sekitar kita rasanya sudah tidak bersahabat dengan kulit. Polusi, debu-debu halus bahkan sinar UV tidak bisa kita hindari. Bahkan, meski kita berada dalam ruangan.

Beruntungnya, kita bisa menghindar dari kerusakan yang mungkin timbul dari pengaruh buruk lingkungan. Salah satunya dengan menggunakan pelembab wajah. Mengapa?

Pelembab wajah bisa membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit yang membantu kita untuk melindungi dari polusi, debu, dan sinar UV yang bisa merusak kulit.

Oleh karena itu, sekalipun tidak sedang bepergian, usahakan untuk tetap menggunakan skincare ya, Gaes!

4. Menyeimbangkan Produksi Minyak

Dalam tubuh kita tuh sudah ada yang namanya mekanisme keseimbangan. Ada yang kurang, maka bagian tubuh lain akan berusaha untuk melengkapi. Begitu juga halnya dengan kulit.

Bila kulit dalam kondisi kering, maka bisa memicu produksi minyak berlebih sebagai respons alami tubuh untuk melembabkan kulit.

Sayangnya, produksi minyak berlebih tuh bukan jawaban yang tepat untuk permasalahan kulit. Malah, bisa mengundang masalah lainnya.

Dengan menggunakan pelembab wajah, produksi minyak bisa lebih seimbang sehingga mencegah masalah kulit seperti jerawat.

5. Menyehatkan Kulit Secara Keseluruhan

Standar kecantikan cewek-cewek sekarang adalah putih dan mulus. Padahal, kita tinggal di daerah dengan iklim tropis yang cenderung panas. Sinar matahari tersedia sepanjang tahun.

Menurutku, tidak masalah bila kulit kita memang tidak putih. Tidak usah diidentikkan dengan aura maghrib dan sejenisnya. Toh, kulit cewek-cewek Asia, khususnya di Indonesia memang sawo matang kok.

Hal yang paling penting meski kulit kita gelap adalah kondisinya. Harus sehat. Jarang berinteraksi dengan permasalahan kulit. Salah satunya dengan menggunakan pelembab secara rutin.

Pelembab wajah sering kali mengandung vitamin dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit. Penggunaan rutin bisa membantu untuk memperbaiki tekstur kulit, mengurangi kemerahan, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Cara Penggunaan Pelembab Wajah

cara penggunaan pelembab wajah

Saat mengaplikasikan pelembab bukan hanya rutinitas dan keberlanjutannya saja yang penting. Tapi, bagaimana cara pemakaiannya juga tidak kalah penting.

Minimal ada beberapa step yang harus kita lakukan saat akan menggunakan pelembab wajah, yaitu:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan pelembab, kita harus memastikan wajah sudah bersih terlebih dahulu. Apalagi setelah beraktivitas di luar ruangan dengan makeup yang selalu menempel seharian.

Kita bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan kulit. Bila perlu, gunakan teknik double cleansing. Agar semua kotoran, minyak dan sisa makeup bisa bersih.

2. Gunakan Toner

Setelah kulit wajah bersih, kita perlu menyeimbangkan pH kulit. Hal ini bermaksud untuk mempersiapkannya dalam penyerapan pelembab.

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan toner. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit atau kebutuhan ya!

3. Sesuaikan dengan Tipe Kulit

Ada banyak sekali produk pelembab wajah yang ada di pasaran. Meski kita ingin menggunakannya secara rutin, tetap saja tidak boleh sembarangan memilih produk.

Pilih pelembab wajah yang sesuai dengan tipe kulit, baik kulit kering, normal, berminyak atau malah kombinasi. Bila ragu dengan tipe kulit, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi pada ahli, seperti dokter kulit.

Atau saat ternyata kita punya masalah kulit tertentu. Pilih pelembab yang bisa mengatasi permasalahan tersebut, misalnya saat berjerawat, kita bisa pilih pelembab untuk kulit berjerawat.

4. Ambil Secukupnya

Jangan menganggap semakin banyak kita menggunakan pelembab, maka hasilnya akan semakin cepat ya!

Ambil secukupnya saja! Biasanya, kita bisa ambil seukuran kacang polong untuk penggunaan seluruh wajah.

5. Aplikasikan dengan Lembut

Oh iya, kita perlu mengoleskan pelembab dengan gerakan memijat yang lembut ya! Mulai saja dari bagian tengah wajah. Lalu pijat ke arah luar.

Jangan lewatkan juga bagian leher! Biar kulit leher juga ikut terhidrasi dengan baik.

6. Gunakan Secara Rutin

Banyak cewek yang mengkhawatirkan soal ketergantungan. Katanya, nanti kalau berhenti bisa membuat wajah kita kusam lagi.

Sebenarnya, bukan soal ketergantungan ya! Tapi, kulit kita selalu butuh perawatan. Kalau tidak terawat ya jangan menyalahkan produknya dong. Hehehe…

Oleh karena itu, gunakan pelembab wajah secara rutin, baik pagi dan malam hari. Kalau aku sih memilih pelembab yang sudah ada kandungan SPF-nya untuk perlindungan tambahan di siang hari.

Kesimpulan

Apa itu pelembab wajah? Produk perawatan kulit yang paling penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat penggunaan pelembab pun banyak, di antaranya menghidrasi kulit, mencegah penuaan dini sampai menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan pelembab dengan cara yang benar. Agar bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan maksimal.

Pastikan kita memilih pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulit! Yuk cari tahu gimana tips memilih pelembab wajah yang benar!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

16 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. untuk kulit tetap sehat, maka wajib melakukan perawatan. Dan tidak perlu ribet dan mengikuti cara orang ya, sesuai diri masing-masing saja dan sesuai kebutuhan. termasuk soal pelembab ini. Asalkan pilih pelembang yang sesuai dengan kulit, terus pakainya sesuai aturan, maka hasilnya sesuai yang diinginkan.

    BalasHapus
  2. Kelembaban kulit yang diinginkan banyak orang ternyata bisa didapat dengan cukup mudah asal konsisten ya.
    Itu dengan menggunakan pelembab yang cocok dengan kulit kita saja sudah jadi sebuah upaya kita kan ya...
    Insyaallah hasilnya sesuai dengan usaha yg kita lakukan

    BalasHapus
  3. Kelembaban kulit wajah nih penting banget dijaga.
    Ternyata toner ini juga penting banget ya, sering lupa pakainya

    BalasHapus
  4. Sekarang yang paling aku sorotin sih untuk melembabkan aja dan kalo bisa sih yang bisa ilangin dark spot juga ehe, lha gimana soalnyaa penting banget di usia 30an kek gini

    BalasHapus
  5. Buat saya, pelembab wajah adalah salah satu must-have-item-skincare. Karena penggunaan pelembab adalah investasi jangka panjang untuk kulit.

    BalasHapus
  6. Banyak langkah untuk menjadikan kulit lebih lembab. Namun pastinya konsisten dalam menerapkannya udah harus banget, agar hasil lembabnya kulit bisa dirasakan

    BalasHapus
  7. Duh, aku nih yg skip pelembap wajah karena bingung mau pake yg merek apa. mungkin bisa next rekomendasiin pelembap yg cocok buat kulit berminyak, Yun, hehe..

    BalasHapus
  8. Pelembap wajah memang sepenting itu ya mba. Bahkan untuk tipe kulitku yang berminyak ini, aku ga pernah skip pakai pelembap. Kalau tidak, kulit bisa dehidrasi dan menyebabkan produksi minyak semakin banyak.

    BalasHapus
  9. Artikel ini sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. Saya baru mulai memperhatikan perawatan kulit dan pelembab adalah salah satu produk yang wajib ada. Saya tertarik untuk mencoba melakukan perawatan sih. Mungkin Anda bisa menambahkan informasi tentang cara mengaplikasikan pelembab yang benar agar hasilnya lebih maksimal?

    BalasHapus
  10. Iya ka Yun..aku sekarang lagi bener nih..aplikasiin skincarenya.
    Karena juga butuh kulit yang terjaga skin barier dan hidrasinya di kala cuaca panas begini. Kudu bener pake serum, pelembap dan ditutup dengan sunscreen.

    BalasHapus
  11. Pelembab wajah itu penting
    Menggunakan pelembab wajah termasuk bagian dari skincare routine setiap hari

    BalasHapus
  12. Baru tahu kalau pelembab bisa mencegah penuaan dini. Selama ini setahu aku fungsi utama pelembab yaitu melembabkan kulit agar tidak kering. Jadi makin rajin ni pakai pelembab biar kelihatan lebih muda

    BalasHapus
  13. Penting banget nih pelembab wajah. Produk skincare ini wajib dilakukan selain pembersih dan sunscreen. Itu sih kata dokter Tompi. Bahkan sebagai cowok pun perlu skincare ini biar kita awet muda dan disukai istri. Hehe.

    BalasHapus
  14. Pelembab wajah ini, dasar melakukan perawatan wajah. Disamping dapat menutrisi kulit juga bisa membuat kulit tetap segar.

    BalasHapus
  15. Jadi wajah pada dasarnya harus selalu lembab ya mbak? Supaya mencegah penuaan dini

    BalasHapus
  16. bener mbaaa...sebenernya pakai basic skincare saja itu sudah cukuo asal kita menggunakannya secara rutin gak cuma sekali-dua kali..nanti pasti terasa perubahannya kulit terasa lebih sehat dan lembab

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro