Tips Memilih Sunscreen Ringan Untuk Kulit Berminyak

Kulitku termasuk jenis kulit berminyak. Makanya agak susah untuk mencari tabir surya yang cocok. Biar tidak mudah lecek karena banjir minyak di wajah. Aku butuh beberapa tips memilih sunscreen ringan untuk kulit berminyak. Apa kalian juga begitu?

Well. Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang berbahaya.

Akan tetapi, bagi pemilik kulit berminyak sepertiku, memilih sunscreen yang tepat sangat penting agar tidak menambah masalah jerawat atau kilau berlebih pada wajah.

Sehingga kebanyakan yang memiliki masalah tersebut cenderung mencari informasi lebih tepat terkait dengan seperti apa pilihan sunscreen ringan untuk kulit berminyak.

Tips Memilih Sunscreen Ringan

tips memilih sunscreen ringan

Nah, untuk kalian yang memiliki masalah sepertiku, sebaiknya jangan merasa cemas atau khawatir! Kalian tetap tidak boleh lupa sama urutan skincare pagi hari ya!

Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan saat mencoba untuk mencari sunscreen apa yang tepat untuk kulit kita.

Bagi yang ingin tahu seperti apa jelasnya, berikut adalah 7 tips memilih sunscreen ringan untuk kulit berminyak agar terhindar dari masalah lebih lanjut.

1. Perhatikan Label Saat Memilih Sunscreen Ringan Untuk Kulit Berminyak

Yang pertama perlu kita lakukan adalah memperhatikan label dengan lebih seksama. Biar kenapa?

Label produk akan memberi kita informasi mengenai jenis sunscreen yang akan kita pilih tersebut.

Bagi pemilik kulit berminyak, kalian harus banget memperhatikan saran yang satu ini. Yaitu pilih sunscreen dengan label "oil-free" atau "non-comedogenic".

Umumnya sunscreen ringan untuk kulit berminyak tersebut merupakan produk sunscreen yang tidak akan menyumbat pori-pori dan tidak akan membuat kulit berminyak.

Sehingga, sunscreen dengan label ini akan lebih aman dan nyaman untuk kita gunakan. Khususnya saat kulit wajah kita punya kandungan minyak yang tinggi.

Pastikan Teman-teman tidak skip double cleansing ya! Apalagi setelah beraktivitas seharian dengan full make up. Meski sunscreennya "non-comedogenic", tetap saja cleansing itu hal yang utama.

2. Memilih Kandungan SPF Sunscreen

Selanjutnya kita perlu memperhatikan dengan baik seperti apa kandungan SPF yang terdapat di dalam sunscreen.

Ada baiknya bila kita memilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi bagi kulit dengan masalah minyak berlebih. Berapa nilai minimal kandungan SPF yang perlu kita pilih?

Pilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 ya! Dengan begitu, kulit kita akan tetap terlindungi dari sinar UV yang berbahaya. Namun, kita mendapatkan sunscreen yang tidak terlalu pekat.

Hal ini akan menghindarkan kita dari resiko mendapat jerawat karena minyak berlebih yang tersumbat dalam pori-pori.

3. Pilih Sunscreen Ringan Untuk Kulit Berminyak Dengan Melihat Tekstur

Kemudian yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan yaitu tekstur dari sunscreen yang akan kita pilih.

Sebaiknya, pilih sunscreen dengan tekstur ringan dan lebih tipis saat kita aplikasikan di wajah. Biar kenapa?

Hal ini karena umumnya sunscreen dengan tekstur ringan lebih cocok untuk kulit berminyak. Tidak akan terasa berat atau membuat kulit terasa greasy.

Otomatis bisa membantu kulit tetap terlindungi tapi di satu lain juga tidak menyebabkan resiko terjadi sumbatan di pori-pori wajah yang bisa bikin wajah jerawatan.

4. Sunscreen Dengan Oil Control Atau Matte

Selanjutnya saat memilih sunscreen ringan untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih sunscreen dengan kandungan matte atau oil-control.

Produk sunscreen yang mengandung bahan matte atau oil-control bisa membantu kita dalam mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit berminyak.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli sunscreen di pasaran, khususnya jika memiliki masalah wajah dengan intensitas minyak yang berlebih.

5. Hindari Kandungan Alkohol

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan kandungan alkohol di dalam sunscreen.

Sebaiknya, kita pilih sunscreen yang tidak mengandung alkohol. Pada dasarnya alkohol bisa membuat kulit berminyak menjadi lebih kering dan iritasi lho.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita hindari sunscreen yang mengandung alcohol untuk mencegah resiko efek yang kurang baik pada wajah dalam jangka waktu berkepanjangan.

6. Sunscreen Ringan Untuk Kulit Berminyak Sebaiknya Tahan Air

Tips berikut yaitu pilih sunscreen yang tahan air. Dengan begitu, meski kulit kita cenderung mudah berkeringat, sunscreen kita tetap nempel dan memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari.

7. Lakukan Konsultasi Saat Memilih Sunscreen Ringan Untuk Kulit Berminyak

Apabila masih bingung untuk memutuskan, maka saran atau tips selanjutnya adalah melakukan konsultasi dengan dermatologis.

Kita akan mendapatkan rekomendasi sunscreen atau bahan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi kulit yang kita miliki.

Rekomendasi Sunscreen Ringan untuk Kulit Berminyak

rekomendasi sunscreen ringan

Dengan memperhatikan tips memilih sunscreen ringan untuk kulit berminyak di atas, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk memilih sunscreen yang tepat nantinya.

Sehingga meskipun punya jenis kulit berminyak, penggunaan sunscreen tetap optimal dalam melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Selain itu, kita tidak perlu menambah masalah jerawat atau kilau berlebih deh.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca tidak terlalu terik ya! Hal ini untuk menjaga kesehatan kulit secara maksimal.

Jika bingung memilih, percayakan saja pada Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen. Bukan hanya melindungi wajah dari sinar UV saja, namun bisa bekerja maksimal untuk menghindari masalah lebih lanjut pada jenis kulit berminyak.

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

21 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. kulit berminyak ini memang harus ekstra ya, Mba. tidak hanya soal antisipasi jerawat yang mudah datang, tapi juga harus pas memilih tabir surya yang pas. Salah satunya pilih sunscreen yang bertekstur.

    BalasHapus
  2. Bagi yang aktivitasnya sering diluar wajib banget nih menggunakan sunscreen, agar kulit wajah terhindar dari sinar UV matahari berlebih

    BalasHapus
  3. mau tambahi lagi, jangan males reaplly sunscreen. terutama kalau lagi aktivitas di luar. jadi biar kata kulit berminyak, sunscreen enggak boleh skip

    BalasHapus
  4. Perlu dicermatin ya kalo pilih sunscreen buat kulit berminyak. Susah juga karena udah berminyak kadang pakai make up juga bikin komedo dan jerawatan.

    BalasHapus
  5. Aku pikir sunscreen tuh bebas pake apa aja. Yg pntg kan pelindung. Ternyata ada hal2 yg hrs diperhatikan. Misalnya yg berlabel oil free. Aku baru tahu nih.

    BalasHapus
  6. Aku sekarang juga pakai dermies ini mbak, dan dia memang enak banget untuk di kulitku yang berminyak dan acneprone.

    BalasHapus
  7. Wah terima kasih informasinya, kebetulan saudaraku ada yang cari, ditambah kulitnya sedang sensitif akhir-akhir ini

    BalasHapus
  8. Memilih produk skincare untuk kulit berminyak memang harus selektif, ya. Tapi kalau ada sunscreen yang ringan seperti dari Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen ini sih recommended banget

    BalasHapus
  9. Ternyata setiap jenis kulit perlu sunscreen yang berbeda-beda yah...Suatu keharusan sih setiap hari harus apply sunscreen, mau di dalam rumah apalagi aktivitas outdoor.
    Buat kulit berminyak cus pilih Dermies Clear Me aja...

    BalasHapus
  10. Memilih sunscreen untuk kulit berminyak ternyata harus teliti ya. Banyak hal yang harus diperhatikan. Kebetulan kulit saya tipe yang kering, jadi nggak terlalu aware dengan skincare untuk kulit berminyak.

    BalasHapus
  11. Kebetulan sekali, anak bungsu saya jenis kulit wajahnya berminyak. Kemarin sempat pakai sunscreen yang malah buat wajahnya tambah berminyak. Sekarang jadi tau sunscreen yang cocok untuk dia.

    BalasHapus
  12. Buat kulit berminyak agak tricky juga ya untuk pemilihan sunscreen. Tapi memang harus yang tepat sih, agar bisa sesuai dengan kondisi kulit dan gak bikin masalah ya

    BalasHapus
  13. Memang kalau kulit tipikal berminyak, agak tricky milih produk kecantikan. Soalnya kalau salah, bisa tambah berminyak sih kak. Nah, soal pemilihan sunscreen juga aku akui begitu.

    BalasHapus
  14. Iya bener yaa..
    Kalau kulit aslinya uda berminyak, salah milih sunscreen malah muncul masalah baru. Dan ini tricky banget saat memilih sunscreen yang tepat. Selain kudu paham kandungannya, juga baca-baca testimoni yaa.. Kalau uda ada rekomendasi dari ka Yuni, produk Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen begini, jadi lebih mantap lagi saat memilih sunscreen.

    BalasHapus
  15. Memilih sunscreen juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit ya Yun. Biar cocok. Kalau gak, khawatirnya kulit jadi bermasalah nantinya.

    BalasHapus
  16. Memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak memang gampang-gampang susah. Kita ingin sunscreen yang bisa melindungi kulit dari sinar UV dengan baik, tapi tidak menyumbat pori-pori dan membuat kulit terasa semakin berminyak.

    BalasHapus
  17. Bagi orang yang baru pertama kali mencoba meilih sunscreen, tips memilih sunscreen ringan ini sangat bermanfaat. Jadi benar-benar paham apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli

    BalasHapus
  18. Kebetulan kulitku berminyak jadi butuh yang tahan air ya sunscreennya? Baru tau sekarang

    BalasHapus
  19. Gampang-gampang susah memilih produk untuk kulit berminyak, termasuk produk sunscreen. Salah pilih sunscreen bisa berakibat fatal misalnya kandungan sunscreen yang menyumbat pori sehingga bisa menyebabkan jerawat.

    BalasHapus
  20. Aku juga sering kesulitan nyari yang cocok karena kulitku juga cenderung berminyak. Pastinya label 'oil-free' atau 'non-comedogenic' jadi pilihan utama, plus tekstur ringan yang nggak bikin tambah greasy. Sekarang jadi lebih paham mana yang harus dicari di rak skincare.

    BalasHapus
  21. Tim kulit berminyak akutuh. Beruntung deh baca postingan ini, karena gak usah repot baca² ingredientsnya lagi buat cari sunscreen yg cocok, langsung pengen coba aja Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen. Xixixi

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro