Fungsi Selang dan Penggunaannya yang Harus Kita Ketahui Sebelum Memilih Selang Milliard

Pada sebuah reels yang kulihat di media sosial, ada Bela Bonita sedang menyiram tanaman dengan selang. Dari suaranya, perekam video tersebut adalah Soimah. Aku tidak tahu pasti apa merk selangnya. Cuma, Teman-teman selalu bisa menggunakan produk Milliard lho.

Btw, artikel ini tidak sedang membahas tentang keluarga Bela Bonita dan Deni Caknan. Tapi lebih ke aktivitasnya menyiram tanaman. Khususnya tentang fungsi selang dan penggunaannya yang perlu kita ketahui.

Apa saja sih fungsi selang?

Fungsi Selang dan Penggunaannya

fungsi selang milliard

Iyes. Selang adalah alat serbaguna yang sering kita jumpai dalam berbagai aspek kehidupan. Dari keperluan rumah tangga hingga urusan industri.

Selang memiliki berbagai fungsi dan penggunaan yang esensial. Kita akan membahas secara rinci untuk memaksimalkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Teman-teman bisa menggunakan selang Milliard untuk penggunaan selang, baik dalam rumah tangga hingga industri. Selang ini adalah salah satu produk selang pertama dan kebanggaan dari PT. Mepoly Industri.

1. Penggunaannya Dalam Rumah Tangga

Selang memiliki berbagai fungsi penting dalam rumah tangga, antara lain:

Kita bisa menggunakannya untuk kegiatan menyiram tanaman, seperti yang dilakukan oleh Mbak Bela Bonita. Selang ini biasanya terbuat dari bahan fleksibel seperti karet atau plastik.

Aku tahu sih. Urusan mencuci kendaraan seringnya kita delegasikan ke orang lain. Namun, kalau kita memutuskan untuk mencuci kendaraan sendiri, maka kita bisa memanfaatkan selang. Biasanya kita menggunakan selang yang ada nozzle untuk mengatur aliran air.

Masih soal fungsi selang dalam rumah tangga. Kita bisa menggunakannya untuk membersihkan halaman rumah, teras, dan area luar lainnya.

2. Fungsi Selang dalam Pertanian

Kalau membahas penggunaan selang dalam bidang pertanian, aku jadi teringat saat bekerja di lingkungan Perkebunan Kelapa Sawit. Aku menggunakannya untuk beberapa keperluan, yaitu irigasi dan penyemprotan pestisida atau pupuk cair.

Dalam hal irigasi, terutama pembibitan, aku membuat instalasi yang memudahkan untuk menyiram banyak bibit. Instalasi ini melibatkan selang dan pipa.

Tujuan dari pembuatan instalasi penyiraman ini adalah untuk menyiram tanaman secara efisien, memastikan tanaman mendapatkan air yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

Maklumlah ya. Namanya juga dalam skala perusahaan. Efisiensi adalah hal yang mutlak.

Begitu pula dalam hal penyemprotan pestisida atau pupuk cair. Kita akan menyambungkan selang ke tangki untuk menyemprotkan pestisida dan pupuk cair ke tanaman. Agar membantu untuk melindungi tanaman dari hama dan penyakit.

3. Dalam Industri

Tidak hanya dalam skala rumah tangga dan pertanian. Selang juga memainkan peran penting dalam berbagai industri lho.

Salah satu contohnya adalah selang Hidrolik. Penggunaan selang ini untuk mengalirkan fluida bertekanan tinggi yang menggerakkan mesin dan alat berat.

Ada juga selang untuk bahan kimia. Penggunaannya untuk mengalirkan bahan kimia berbahaya di pabrik dan laboratorium. Biasanya, selang ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi dan bahan kimia agresif.

Masih dalam bidang industri, ada yang namanya selang gas. Penggunaannya untuk mengalirkan gas di industri, seperti gas LPG atau gas alam. Selang ini dirancang untuk tahan terhadap tekanan tinggi dan aman digunakan.

4. Bidang Medis

Dalam dunia medis, mungkin Teman-teman sudah tidak asing dengan penggunaan selang. Meski ukurannya relatif kecil ya.

Contohnya adalah selang infus. Penggunaannya untuk mengalirkan cairan infus ke dalam tubuh pasien.

Selain itu, ada selang oksigen. Penggunaannya untuk mengalirkan oksigen ke pasien yang membutuhkan bantuan pernapasan.

See! Cukup familiar bukan?

5. Pemadam Kebakaran

Salah satu drama China favoritku berjudul Fireworks of My Heart. Ceritanya tentang kapten pemadam kebakaran yang bertemu lagi dengan cinta pertamanya yang sudah menjadi dokter.

Sepanjang cerita, kita akan mendapat suguhan kesibukan para pemadam kebakaran, mulai dari latihan, aksi heroik di lokasi kejadian sampai kisah asmaranya.

Tapi, artikel ini bukan tentang drama itu ya. Aku cuma mau bilang kalau melalui drama tersebut, kita akan tahu bahwa pemadam kebakaran juga menggunakan selang.

Tentu saja, selangnya bukan sembarangan. Selang pemadam kebakaran dirancang khusus untuk menahan tekanan air yang sangat tinggi.

Ya iyalah. Selangnya ‘kan mereka gunakan untuk memadamkan api dan menyelamatkan nyawa serta properti.

6. Fungsi Selang dalam Otomotif

selang milliard lubricant

Dalam industri otomotif, selang biasa kita temukan dalam berbagai sistem kendaraan.

Misalnya, selang radiator. Selang ini berfungsi untuk mengalirkan cairan pendingin ke mesin untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Selain itu, ada selang bahan bakar. Fungsi dari selang ini untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki ke mesin kendaraan.

Oh iya. Kita bisa menggunakan Milliard Lubricant yang berkualitas. Terbuat dari 100% biji plastik murni dan premium untuk keperluan mengalirkan minyak, oli, solar, bensin, dan lainnya.

Kesimpulan

Kita sudah mengetahui beberapa fungsi selang dan penggunaannya yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari skala rumah tangga, medis sampai industri.

Memahami berbagai fungsi dan penggunaan selang yang tepat sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan manfaat yang maksimal dari alat yang sederhana ini.

Dengan memilih selang yang tepat sesuai dengan kebutuhan, kita bisa meningkatkan produktivitas dan menjaga keamanan dalam berbagai aktivitas.

Selanjutnya, coba cari tahu bagaimana cara memilih selang yang tepat untuk setiap kebutuhan khususnya dalam skala rumah tangga!

Yuni Bint Saniro

Blogger wanita yang menyukai dunia menulis sejak SMA. Saat ini masih pemula. Tapi tidak masalah. Kelak ada masanya menjadi profesional. Semangat.

22 Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

  1. Penting banget nih mengetahui fungsi selang sesuai peruntukannya. Jd ga bs asal beli selang tanpa tahu fungsinya ya kak. Ntr airnya ga bs deres kenceng. Malah disalahin kran dan airnya. Hehe.

    BalasHapus
  2. Jadi inget selang di rumahku yang dipinjam waktu ada kerja bakti. Balik-balik dah berkurang panjangnya. Siapa yang motong kutak tauuuu

    BalasHapus
  3. Selang ini memang banyak manfaatnya sesuai kebutuhan ya, Mbak. Dan saya familiarnya dengan selang yang biasa digunakan di rumah tangga. Selain buat menyiram, cuci kendaraan, juga bisa digunakan saat closed mampet hehehe.

    BalasHapus
  4. Banyak juga ya Yun fungsi selang. Sejauh ini pakai selang buat ngalirin air ke mesin cuci, sama buat nyiram tanaman. Kalau gak ada selang, wah ngangkut airnya bikin senewen, apalagi nek wes cucian banyak dan tanaman wes pada besar.

    BalasHapus
  5. wah iya, dengan banyak model selang yang ada, memang harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar manfaatnya bisa maksimal

    BalasHapus
  6. Fungsi dan penggunaan selang memang beda-beda, ya. Jadi kita harus paham betul bentuk selang yang dibutuhkan. Jangan sampai salah, seperti misalnya selang untuk gas malah dipakai untuk air, kan malah gak berfungsi hehehe

    BalasHapus
  7. Sering bingung kalo milih selang baik selang air atau selang gas. Nggak tahu merek yany bagus. Jadi cuma pilih berdasarkan penampakan luar, ukuran, dan kebutuhan.

    BalasHapus
  8. Memang banyak manfaatnya selang dalam kehidupan kita, karena memudahkan urusan pengaliran air dari satu tempat ke tempat lainnya

    BalasHapus
  9. Selang itu manfaatnya banyak banget. Dalam kehidupan sehari-hari gak bisa lepas dari selang. Entah untuk saluran air di dapur, kamar mandi, dan lainnya.

    BalasHapus
  10. Selang ini wajib banget sih ada di rumah. Soalnya bisa buat menyiram tanaman atau nyiram teras dan motor. Kalau udah nyuci motor jadi arena anak bermain anak pake selang, wkwkwk.

    BalasHapus
  11. Saya juga punya selang cukup panjang di rumah. Cuma gak paham brand nya apa. Entah miliard atau apa.
    Saya menggunakan selang untuk menyiram tanaman di loteng, dari air sumur yang saya tarik menggunakan mesin pompa kalau musim kemarau.

    BalasHapus
  12. Punya selang di rumah membantu banget siiih. Dulu waktu belum punya selang agak repot kalo waktunya nyiram bunga sama nyuci sepeda motor. Karena kan nggak melulu nyuci di tempat cuci motor, apalagi kalo abis hujan, minimal diguyur pake air biar nggak kotor-kotor amat. Setelah punya selang enak deh. Mau nyiram bunga atau mau nyuci motor udah praktis. Nggak perlu ribet ambil air dari kamar mandi.

    BalasHapus
  13. Selang termasuk salah satu kebutuhan rumah tangga ya
    Pilih selang nggak bisa sembarangan ya
    Harus teliti

    BalasHapus
  14. Ada juga selang dengan kualitas food grade dan biasanya harganya mahal banget
    Ada kode khusus yang menggambarkan kualitas good news banget

    BalasHapus
  15. ini selang bukan sembarang selang, selangnya bisa sampe bermeter2 mengairi kebun berhektar2 ya ngga? hihiii apalagi kalo musim kemarau huhu udahlah butuh banget yg punya kebun

    BalasHapus
  16. Selang jadi kebutuhan rumah tangga yg penting juga nih ya. Jadi kudu pilih yg awet.

    BalasHapus
  17. Saya suka sebel kalau menggunakan selang yang kaku. 'Kan ada tuh yang tidak fleksibel tarikannya. Nah, kalau lihat dari gulungannya, sepertinya Milliard ini selangnya lentur, mudah ditarik kesana kemari. Sehingga bisa maksimal bantu urusan kita.

    BalasHapus
  18. Kalo aku sendiri sich, memang harus ada selang di rumah, buat nyuci-nyuci karpet dan juga menyirami tanaman sich.

    BalasHapus
  19. Keberadaan selang di rumah, terutama bagi yang memiliki kendaraan baik itu roda dua atau empat, termasuk yang punya lahan taman tuh, kebutuhan sih ya. Jadi penasaran nih, apakah pilihan selang yang saya miliki di rumah sudah tepat untuk kebutuhan rumah tangga atau belum nih.

    BalasHapus
  20. Untuk urusan selang, senangnya yang kuat. Tidak meleyot dan midah ketekuk. Masih susah juga mencari selang yang tidak berlumut

    BalasHapus
  21. Ternyata selang itu ada banyak jenis dan kegunaannya ya, setelah aku pikir-pikir untuk medis juga disebutnya selang ya. Cuma kalau untuk di spbu itu aku bari tahu kalau pakainya Milliard.

    BalasHapus
  22. Ada banyak sekali fungsi selang dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari yaa..
    Kalau di jurusanku pas kuliah, selang digunakan juga untuk praktikum saat mengalirkan gas juga bisa menggunakan selang yang tentunya ditutup dengan karet agar tidak bocor dan berbahaya.

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama

Artikel Terbaru di Yuni Bint Saniro